21 Cara Menghilangkan Stress Berdasarkan Penelitian

 

  1. Jangan Banyak Mengeluh dan Menyalahkan Diri Anda Sendiri

mengeluh membuat stress

Pernahkan Anda menyalahkan kehidupan Anda, entah karena masalah finansial maupun keadaan sosial? Itu adalah saat dimana Anda meningkatkan stress dalam diri Anda. Menurut Psikolog klinis Christina O’Flaherty, menyalahkan diri sendiri atas kesalahan atau kekurangan yang dimilikinya akan cenderung membuat stress tumbuh dalam pikiran seseorang.

Lalu bagaimana cara menghilangkan stress jika Anda kesulitan untuk menjauhi sifat tersebut? Cobalah pikirkan saat orang dekat berjuang untuk mencapai sesuatu dan Anda berfikir untuk memberikan support. Itulah yang Anda butuhkan untuk diri Anda. Anda butuh dukungan dari diri Anda sendiri untuk tetap bersemangat dan berjuang menjadi yang lebih baik.

  1. Makan Makanan Sehat dan Diet Seimbang

makanan sehat penghilang stress

Makanan yang Anda makan dapat memberikan dampak langsung bagaimana menghadapi stress dan kecemasan / anxietas. Sesekali cobalah untuk makan roti gandum panjang yang mengandung karbohidrat komplek. Karbohidrat komplek tersebut dapat membuat otak melepaskan serotonin, sebuah neurotransmitter yang menghasilkan efek menenangkan pada tubuh.

Ahli pengobatan Saundra Dalton-Smith, M.D menyatakan bahwa memakan makanan sehat yang kaya akan kandungan vitamin B akan membantu tubuh mengurangi stress. Pendapat lain diungkapkan oleh Mindlab yang menyatakan bahwa sarapan dengan diet seimbang dan aktivitas pagi telah menurunkan stress dan kecemasan sebanyak 89%. Meskipun begitu Anda juga perlu memperhatikan diet seimbang sepanjang hari untuk meningkatkan energi dan membuat Anda berfikir lebih jernih dalam segala situasi.

  1. Ber-Yoga Adalah Cara Menghilanngkan Stress Pikiran

beryoga

Terkadang Anda perlu mencontoh bagaimana seorang atlet mengatasi stress dari tekanan berat yang ditanggungnya. Dana Santas, seroang pelatih yoga menyebutkan bahwa berpose yoya dan menghela nafas dengan teknik tertentu biasa dilakukan para atlet untuk menghadapi stress yang berat. Cara menghilangkan stress ini telah diteliti oleh Harvard dan menemukan bahwa beryoga dapat meningkankan testosterone dan menurunkan kadar kortisol / hormon stress. Salah satu pose yang direkomendasikan Dana Santas adalah posisi “Mountain”.

Pada yoga Mountain, Anda berdiri satu kaki dengan membuka kaki lainnya seperti posisi bersila (seperti membuat angka 4), tarik napas dan angkat lengan Anda di atas kepala. Setelah dalam posisi, Anda harus mengambil napas dalam-dalam, menekankan embusan napas Anda dan menghitung mundur dari angka sepuluh ke angka satu

  1. Menepukkan Tangan Pada Timus Anda

menepuk timus untuk menghilangkan stress

Tidak disangka bahwa terdapat cara sederhana menghilangkan stress dalam tubuh. Anda cukup menepukkan tangan secara perlahan pada bagian timus selama 20 detik dengan menghela nafas dalam-dalam. Timus adalah organ utama dari sistem limfatik yang terletak di daerah dada bagian atas dan dibawah tulang selangka.

Hal ini dijelaskan oleh Teraps Neca C. yang biasanya dipercaya membantu kliennya dalam mengatasai stress pekerjaan. Neca menyatakan bahwa ketika stress, sistem immune tidak berjalan dengan baik, dengan menepukkan tangan secara perlahan pada bagian timus maka akan memberikan hentakan energi dan melepaskan stress.

  1. Menggunakan Mantra Meditasi

meditasi menghilangkan stress

Ternyata beberapa kata yang diucapkan pada saat melakukan meditasi memiliki manfaat yang baik untuk menghilangkan rasa stress. Lisa Espino yang merupakan pelatih yoga terpercaya menyatakan bahwa sebuah kata yang diulang, baik itu diucapkan lirih maupun secara keras dapa membuat tumbuh menjadi rileks. Lisa juga menyarankan untuk menggunakan mantra “ohm shanti” yang berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “lebih damai”atau “lebih seimbang”.

  1. Mendengarkan Musik

mendengarkan musik menghilangkan stress

Jika Anda termasuk salah satu orang yang menggunakan music sebagai cara menghilangkan stress berat, maka langkah Anda sudah benar. Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Advanced Nursing pada tahun 2011 menyatakankan bahwa musik bermanfaat untuk mengurangi stress pada orang yang mengalami stress berat sekalipun.

Ditemukan bahwa mereka yang duduk dan mendengarkan musik yang menenangkan selama 30 menit telang menurunkan tingkat stres, denyut jantung dan tingkat kortisol dibandingkan mereka yang duduk diam untuk jangka waktu yang sama. Dan jangan takut untuk mendengarkan lagu sedih, karena lagu tersebut benar-benar dapat meningkatkan mood Anda. Hal ini menurut sebuah studi 2013 oleh peneliti Jepang yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in  Psychology.

  1. Membiasakan Diri Menjalani BREADS

Akronim ini dikenalkan oleh Steve Albrecht, yang merupakan arkonim dari Breathing, Relaxation, Exercise, Attitude, Diet, and Sleep.

  • Breathing ( yaitu melatih diri Anda untuk tetap bernapas dengan stabil dan perlahan)
  • Relaxation ( yaitu dengan minimal 2 kali sehari selama 10 menit untuk relaksasi / meditasi)
  • Exercise ( yaitu dengan 5 hari dalam seminggu setidaknya 30 menit untuk berolahraga)
  • Attitude ( yaitu selalu berfikir positif)
  • Diet ( yaitu dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori, tinggi akann protein dan menghindari alkohol)
  • Sleep ( yaitu memiliki tidur yang lebih berkualitas daripada tidur rutin biasa)

Bagaimana cara menghilangkan stress dengan Breads ini telah membesarkan nama Albrecht dalam manajemen stress.

Demikian tips menghilangkan stress yang telah dikumpulkan oleh tim halopsikolog. Semoga artikel ini menjadi manfaat bagi pembaca. Semoga kedepannya akan terpublikasi artikel seperti cara menghilangkan stress yang lengkap tapi dengan pembahasan topik lain, sekian dan terimakasih.

Reply