3 Jenis Definisi Pengertian Intelegensi

Apakah intelegensi merupakan kata yang asing bagi anda? Atau mungkin anda sering mendengar kata tersebut? Tentunya kita pernah atau bahkan sering mendengar kata tersebut. Sayangnya masih banyak diantara kita yang belum paham betul mengenai pengertian intelegensi. Maka dari itu artikel ini akan mencoba mengulas secara singkat dan sederhana mengenai apa itu intelegensi.

Secara umum intelegensi banyak didefiniskan sebagai kemampuan seseorang untuk belajar dari pengalaman, menyelesaikan masalah (problem solving) dan menggunakan pengetahuan secara efektif untuk beradaptasi dengan situasi/kondisi lingkungan yang baru. Pengertian ini disebut juga dengan pengertian konseptual. Sedangkan secara operasional, intelegensi adalah semua aspek yang diukur dalam sebuah tes intelegensi. Aspek-aspek tersebut cenderung bersifat akademik dan dipengaruhi oleh budaya.

Sedangkan secara harafiah intelegensi berasal dari bahasa inggris “intelligence” yang juga berasal dari bahasa latin “intellectus, intelligentia, atau intelligere”. Dimana kata-kata tersebut dapat diartikan sebagai aktivitas atau perilaku yang merupakan perwujudan dari daya atau potensi untuk memahami sesuatu.

3 Kategori Jenis Pengertian Intelegensi Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang mengungkapkan pemahaman mereka tentang apa itu arti intelegensi. Menurut Shane Legg dan Marcus Hunter (2006), banyaknya pengertian intelegensi yang dikemukakan oleh para ahli dapat dikategorikan menjadi 3 (tiga) jenis definisi. Diantaranya ada yang bersifat kolektif, psikologis dan yang ketiga adalah definisi Al Researcher. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Definisi Kolektif

Definisi kolektif adalah definisi intelegensi yang dibuat atau disetujui oleh lebih dari satu individu/ mewakili pendapat beberapa orang atau organisasi. Definisi ini banyak dikutip dalam ensiklopedia, kamus, atau artikel ilmiah. Beberapa contoh definisi kolektif dari intelegensi:

“Kemampuan untuk menggunakan memori, pengetahuan, pengalaman, pemahaman, penalaran, imajinasi dan penilaian untuk menyelesaikan masalah dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru – AllWords Dictionary, 2006

“Individu memiliki perbedaan satu sama lain dalam kemampuan memahami ide-ide yang kompleks, kemampuan beradaptasi secara efektif dengan lingkungan, melakukan penalaran dan menyelesaikan masalah – American Psychological Association

  1. Defisini Psikologis

Definisi Psikologis adalah definisi yang dikemukakan oleh para psikolog. Beberapa contoh definisi psikolog yang banyak digunakan antara lain adalah pengertian intelegensi yang dikemukakan oleh Anastasi :

“Intelegensi bukanlah sebuah kemampuan tunggal, melainkan sebuah gabungan dari beberapa fungsi. Hal ini berarti diperlukan kombinasi dari beberapa kemampuan untuk dapat bertahan dan berkembang di dalam sebuah kultur”.

Selain itu terdapat pula pendapat dari Dearborn yang mengungkapkan bahwa :

“Intelegensi adalah kemampuan untuk belajar atau mengambil keuntungan dari pengalaman”.

  1. Defisini Al Researcher

Definisi Al Researcher mengacu pada definisi yang diungkapkan oleh para peneliti di bidang artificial intelligence. Salah satu contohnya Intelegensi yang diungkapkan oleh J.S. Albus :

“Kemampuan dari sebuah sistem untuk dapat bertindak sesuai dengan lingkungan yang tidak pasti. Tindakan yang sesuai dapat meningkatkan kemungkinan untuk mencapai kesuksesan dan kesuksesan adalah pencapaian yang mendukung tujuan utama dari sistem tsb”.

Dalam artikel ini kita telah membahas mengenai pengertian intelegensi secara singkat. Namun pembahasan mengenai intelegensi tidak berhenti disini, karena spektrum dan dimensi pembahasan intelegensi yang begitu luas. Diantaranya, faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi, jenis-jenis intelegensi, pengukuran intelegensi, dan lain sebagainya.

Reply