9 Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian interaksi sosial adalah kegiatan hubungan timbal balik yang dinamis antara individu atau kelompok yang memodifikasi aksi dan reaksi mereka untuk saling mempengaruhi mitra mereka. Dengan kata lain kegiatan ini adalah kegiatan dimana orang akan menyesuaikan dan menginterprestasikan bagaimana dan apa yang dilakukan dalam menanggapi sesuatu demi menjalin hubungan dengan individu atau kelompok lain.

Dalam ilmu sosial, hubungan sosial tercermin dalam interaksi sosial yang mengacu pada hubungan antara dua orang atau lebih (misalnya kelompok sosial). Hubungan sosial yang berasal dari lembaga individu akan membentuk dasar dari struktur sosial.

Struktur sosial dan budaya didirikan atas keberadaan interaksi sosial. Dengan adanya interaksi sosial, akan terbentuk aturan, lembaga dan sistem yang mengatur bagaimana mereka menjalankan kehidupan berdasarkan norma dan aturan.

gambar interaksi sosial

Gambar interaksi sosial

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Para ahli memberikan pandangannya mengenai pengertian interaksi sosial. Ada 9 pengertian yang diungkapkan oleh ahli baik dari mancanegara maupun dari Indonesia. Berikut ini penjelasannya :

  1. Gilin
    Interaksi sosial dijelaskan oleh gillin sebagai hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu lain atau dengan kelompok atau hubungan antar kelompok. Hubungan ini tercipta karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain.
  2. Macionis
    Pengertian interaksi sosial menurut Macionis adalah hubungan aksi dan reaksi seseorang dalam hubungannya dengan individu atau kelompok lain.
  3. Broom dan Selznic
    Broom dan Selznic berpendapat bahwa interaksi sosial merupakan proses yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan seseorang tersebut memerlukan respon terhadap tindakan orang lain.
  4. Kimball Young dan Raymond W. Mack
    Kimball Young dan Raymond W. Mack mengartikan pengertian interaksi sosial sebagai hubungan sosial antara individu dengan perorangan atau kelompok atau hubungan kelompok dengan kelompok secara dinamis.
  5. Homans
    Pengertian interaksi sosial menurut Homans adalah proses kehidupan dimana aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain akan diberikan respon yag bisa berupa ganjaran atau hukuman dari orang lain.
  6. Bonner
    Interaksi sosial menurut Bonner adalah hubungan antara dua orang atau lebih yang aksi dari individu dapat mempengaruhi / mengubah kehidupan individu lain.
  7. Walgito
    Walgito berpendapat bahwa adanya hubungan timbal balik dalam interaksi sosial dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain. Interaksi sosial juga berpengaruh terhadap kelompok dengan kelompok lain yang saling berhubungan.
  8. Soerjono Soekanto
    Soerjono Soekanto berpendapat  bahwa interaksi sosial adalah proses sosial yang berkaitan dengan cara berhubungan antara individu dan kelompok untuk membangun sistem dalam hubungan sosial.
  9. Murdiyatmo dan Handayani
    Murdiyatmo dan Handayani menjelaskan pengertian interaksi sosial sebagau hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial. Pada struktur sosial tersebut juga terbangun hubungan yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Empat Bentuk Interaksi Sosial

Selain kesembilan pengertian interaksi sosial diatas, halopsikolog menemukan bahwa ada 4 macam perbedaan yang terbentuk karena adanya interaksi sosial. Berikut ini bagaiamana interaksi sosial dibedakan :

  1. Accidental (juga dikenal sebagai kontak sosial)
    Tidak direncanakan dan mungkin tidak diulang. Misalnya, meminta orang asing untuk menunjukkan arah atau bertanya kepada penjaga toko untuk ketersediaan produk.
  2. Repeated / diulang – tidak direncanakan
    Pasti akan terjadi dari waktu ke waktu. Misalnya, tidak sengaja bertemu tetangga dari waktu ke waktu saat berjalan di jalan Anda.
  3. Regular/ biasa – tidak direncanakan, tapi sangat umum
    Pertemuan penjaga keamanan setiap hari kerja di tempat kerja Anda, makan setiap hari di restoran yang sama, dll.
  4. Regulated / diatur – direncanakan dan diatur oleh adat atau hukum
    Pasti akan menimbulkan pertanyaan ketika terjawab. Interaksi di tempat kerja (datang untuk bekerja, rapat staf, dll), keluarga, dll.

Pengertian interaksi sosial mengajarkan pada kita bahwa ada dua alasan mengapa individu atau kelompok masyarakat tidak dapat dipisahkan. Pertama, tidak bisa dipisahkan karena mereka memiliki kehidupan yang diciptakan melalui  interaksi sosial dalam mencapai tujuan hidpu. Alasan kedua, kelompok mereka tidak bisa dipahami tanpa kehadiran yang lain. Kelompok tertentu mungkin tidak bisa dimengerti secara adat, bahasa dan budayanya jika tidak hidup bersama dalam interaksi sosial.

Reply