Cerebral Palsy Adalah Gangguan Neurologis Pada Perkembangan Anak

(CP) Cerebral palsy adalah gangguan neurologis pada anak yang mempengaruhi koordinasi otot, gerakan tubuh dan keterampilan motorik seorang anak. Keterampilan motorik adalah kemampuan untuk bergerak sesuai arahan atau koordinasi. Motorik yang biasanya terpengaruh adalah keterampilan motorik halus, motorik kasar dan fungsi motorik oral.

Cerebral palsy bukanlah suatu penyakit, namun kondisi dimana seseorang memiliki kekurangan yang disebabkan pertumbuhan otak yang tidak normal atau karena kerusakan otak. Degenerasi pada otak akan memiliki efek jangka panjang, dimana seseorang yang didiagnosa memiliki CP akan memiliki kondisi tersebut seumur hidupnya. Namun begitu CP bukanlah gangguan yang mengancam nyawa dan disebut sebagai gangguan non-progressive. Anak dengan cerebral palsy bisa hidup dengan baik hingga dewasa dengan pengecualian terhadap anak yang memiliki kasus yang parah.

Setiap kasus cerebral palsy adalah unik untuk setiap orang. Seseorang mungkin memiliki kelumpuhan total dan memerlukan perawatan konstan, sementara yang lain dengan kelumpuhan parsial mungkin memiliki tremor gerakan kecil namun hanya memerlukan sedikit bantuan.

Apa itu Cerebral Palsy?

CP / cerebral palsy adalah gangguan psikologi perkembangan yang diakibatkan oleh cedera otak atau malformasi otak. Secara umum individu dengan cerebral palsy mungkin mendapatkannya sejak ia lahir, namun ada juga yang mendapatkannya saat masa pertumbuhan.

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa CP ini disebabkan karena adanya komplikasi selama proses melahirkan. Beberapa penelitian menunjukkan sebagian besar kasus cerebral palsy merupakan akibat dari perkembangan otak yang abnormal atau cedera otak sebelum lahir atau selama persalinan dan melahirkan. Kecelakaan, penyalahgunaan obat, malpraktik medis, kelalaian, infeksi, dan cedera adalah beberapa faktor risiko lain yang diketahui dapat menyebabkan cerebral palsy.

gambar anak dengan cerebral palsy

Gambar anak dengan cerebral palsy

Jenis Cerebral Palsy

CP merupakan salah satu gangguan bawaan sejak lahir yang paling umum terjadi di masyarakat. Gangguan ini dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • spastic cerebral palsy – menyebabkan kekakuan dan kesulitan melakukan gerakan
  • athetoid cerebral palsy – mengarah ke gerakan tak terkendali
  • ataxic cerebral palsy – menyebabkan masalah dengan persepsi keseimbangan

Karena cerebral palsy mempengaruhi kontrol otot dan koordinasi gerak tubuh, kadang anak dengan CP kesulitan untuk berdiri. Anak dengan cerebral palsy juga terkadang memiliki permasalahan dalam pernapasan, sulit makan dan berbicara, serta gangguan pada kandung kemih dan kontrol usus.

Penyebab Cerebral Palsy

Penyebab cerebal palsy tidak selalu diketahui, ada banyak kasus dimana dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan cp terjadi pada anak. Kebanyakan penyebab cerebral palsy adalah karena kerusakan otak yang terjadi sebelum atau selama kelahiran bayi. Ada juga yang terjadi setelah umur 3 hingga 5 tahun yang mana pada saat itu merupakan gangguan perkembangan anak.

Kerusakan otak dapat terjadi karena banyak faktor, diantaranya infeksi, kelainan genetik, masalah kesehatan ibu atau suatu hal yang mengganggu perkembangan otak normal. Kerusakan otak pada bayi juga dapat menyebabkan cerebral palsy. Bayi yang keracunan timbal, terkena meningitis bakteri dan beberapa sindrom bayi juga memberi andil yang menyebabkan anak memiliki cerebral palsy.

Kelahiran prematur juga dapat menjadi penyebab cerebral palsy. Bayi yang beratnya kurang dari 3,3 pon (1.510 gram) memiliki resiko lebih tinggi memiliki CP dibandingkan dengan bayi yang memiliki berat normal. Kelahiran prematur dapat memberikan resiko kelainan pada perkembangan otak bayi yang bisa menyebabkan CP terjadi pada bayi tersebut.

Gejala Cerebral Palsy

Seseorang dengan cerebral palsy akan menunjukkan tanda-tanda gangguan fisik tertentu yang bisa kita amati. Gejala cerebral palsy adalah disfungsi gerakan yang dimiliki seseorang yang membuat kelainan pada lengan, kaki dan bahkan wajah. Ciri fisik ini bisa diperkuat jika orang tersebut kesulitan dalam menggerakan anggota tubuhnya, kesulitan berbicara atau bahkan hanya untuk berdiri.

CP adalah gangguan yang mempengaruhi otot dan kemampuan seseorang untuk mengendalikan otot. Oleh sebab itu orang dengan CP biasanya akan memiliki tungkai yang kaku dan merasa sakit ketika digerakan secara paksa. Dia juga akan memiliki badan yang bergetar dan kadang menggeliat tanpa sebab yang pasti.

Seseorang dengan cerebral palsy juga memiliki permasalahan denngan kesimbangan sehingga ia akan mengalami kesulitan saat ingin berdiri, duduk, atau kegiatan lain yang membutuhkan keseimbangan tubuh.

Apabila seseorang sudah pada tahap komplikasi, orang / anak dengan cerebral palsy akan mengalami gangguan intelektual, kejang, gangguan pendengaran dan pengelihatan.

Cerebral Palsy Pada Anak

Anak-anak dengan cerebral palsy memiliki berbagai tingkat kecacatan fisik. Beberapa anak hanya memiliki gangguan ringan, sementara yang lain memiliki kasus berat. Kasus ini tergantung pada separah apakah kerusakan otak pada anak tersebut.

Kerusakan otak yang menyebabkan cerebral palsy pada anak juga dapat mempengaruhi fungsi otak lainnya dan menyebabkan masalah medis lainnya, seperti:

  • gangguan mata atau resiko kebutaan
  • gangguan pendengaran
  • gastroesophageal reflux (sering meludah)
  • kesulitan untuk bicara
  • drooling /ngeces
  • kerusakan gigi
  • gangguan tidur
  • osteoporosis (tulang rapuh)
  • masalah perilaku

Kejang, memiliki permasalahan komunikasi seperti mendengar dan berbicara dan cacat intelektual banyak ditemukan pada anak dengan cerebral palsy. Cerebral palsy pada anak juga mengakibatkan anak membutuhkan kawat gigi atau kursi roda untuk mendukung aktivitas mereka.

Mengobati Cerebral Palsy

Saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi cerebral palsy. Pengobatan cerebral palsy dapat dilakukan dengan terapi dan bantuan peralatan khusus. Terapi dapat memberikan bantuan dan meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang memiliki cerebral palsy.

Pengobatan cerebral palsy menggunakan kawat gigi akan membantu anak meningkatkan fungsi otot. Pengobatan lain untuk cerebral palsy adalah dengan bedah ortopedi yang dapat memperbaiki dislokasi pinggul dan skoliosis / kelengkungan pada tulang belakang.

Kita juga bisa membantu anak dengan cerebral palsy melalui makanan. Diet tinggi kalsium, fosfor dan vitamin D akan membentu membentuk tulang dan otot yang kuat. Memastikan anak-anak memiliki nutrisi yang tepat akan membantu mereka memperoleh tenaga dalam menjalani hidup sehari-hari.

Apabila tingkat CP-nya parah, mungkin perlu mendapatkan tim profesional untuk terus memantau perkembangan anak. Tim profesional tersebut dapat terdiri dari doker, terapis, psikolog, perawat dan pendidik. Cerebral palsy adalah gangguan psikologi perkembangan yang sangat membutuhkan bantuan kita semua. Jadi marilah kita peduli dengan individu yang memiliki cerebral palsy.

Reply