Dampak Negatif Internet Ini Tidak Banyak Disadari

Penyalahgunaan teknologi telah memberikan banyak dampak negatif internet yang tidak kita sadari. Internet secara luas telah menjadi alat yang banyak memberikan manfaat pada berbagai bidang. Namun, internet juga membawa dampak negatif bagi penggunanya. Internet adalah alat yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi, informasi, bisnis dan berbagi pengetahuan, sayangnya  internet tidak selamanya digunakan sesuai dengan tujuan.

Pada kajian psikologi, internet atau cyberspace merupakan sebuah dunia virtual yang berbeda dengan dunia nyata. Perbedaan antara dunia virtual dan nyata inilah yang memunculkan berbagai masalah atau dampak negatif bagi penggunanya. Adapun beberapa dampak negatif internet adalah sebagai berikut:

Reduced Sensations(hilangnya sensasi sensori)

Internet atau cyberspace kita tidak dapat melihat ekspresi wajah, bahasa tubuh, mendengarkan intonasi suara, tidak saling merasakan sentuhan dan menghilangkan sensasi sensori lainnya. Cyberspace mendorong berkurangnya pertemuan tatap muka (face to face) secara langsung, sehingga individu lebih merasa bebas dan aman untuk membagikan berbagai informasi tanpa mempedulikan kebenaran informasi ataupun pertimbangan informasi tersebut akan menyakiti orang lain.

Dampaknya adalah menurunnya keterampilan interpersonal secara langsung, menurunkan empati dan simpati, banyak informasi bohong, melakukan perundungan siber (cyberbully), isu provokatif, ataupun menyebarkan informasi bermuatan kebencian.

Fleksibilitas Identitas

Kurangnya pertemuan tatap muka secara langsung di internet mempengaruhi bagaimana seseorang menampilkan identitas dirinya. Komunikasi melalui tulisan memberikan kesempatan pada individu untuk memilihi menjadi apa atau seperti apa identitas yang ingin ditampakan. Seseorang dapat memilih menjadi dirinya sendiri, membangun identitas/image yang dinginkan atau bahkan merubah identitas di dunia cyber.

Dampaknya orang kemungkinan akan menggunakan foto profil yang tidak sesuai dengan dirinya di dunia nyata, menggunakan identitas palsu, dan dapat juga menjadi kasus penipuan, penculikan, ataupun perampokan melalui komunikasi di dunia cyber. Dampak psikologis yang lebih berbahaya adalah mengalami blur indentitas, merupakan keadaan seseorang mengalami kebingungan identitas karena tidak dapat membedakan identitas di dunia nyata dan di dunia maya.

Perubahan Persepsi

Perubahan persepsi terjadi ketika seseorang sebenarnya hanya duduk berhadapan dengan monitor komputer atau ponsel namun merasakan pengalaman melakukan banyak hal. Seseorang akan mengalami perubahan persepsi karena menjelajah melalui dunia maya memberikan pengalaman baru dengan banyak pilihan, tidak terbatas ruang (perubahan persepsi ruang), tidak ada perbedaan waktu antara siang dan malam (perubahan persepsi waktu), dan bahkan sensasi sensori yang tidak banyak digunakan.

Perubahan persepsi ini akan memunculkan dampak negatif yaitu kecanduan internet, karena seseorang merasa keasikan dengan penggunaan internet sehingga tidak mampu mengkontrol penggunaan internet. Perasaan keasikan ini akan memunculkan dampak turunan, turunan tersebut menyebabkan dampak negatif internet seperti:

  • Konsentrasi terganggu/kesulitan memusatkan perhatian dan kinerja akademik khususnya pada siswa sekolah
  • Gangguan tidur, karena jam tidur akan berkurang jika sudah merasa keasikan dengan internet
  • Hubungan sosial secara langsung terganggu, karena individu memilih menggunakan internet yang memberikan lebih banyak rasa nyaman dan menyenangkan
  • Masalah finansial
  • Frekuensi aktivitas badan/olahraga menurun.

Cara Mengurangi Dampak Negatif Internet

Teknologi telah merubah bagaimana seseorang melakukan bisnis, bagaimana merubah ekonomi masyarakat ataupun mempermudah layanan kesehatan. Pilihan bijak bagi kita untuk menempatkan sesuatu pada kebutuhan kita. Perlu keputusan yang benar-benar tergantung pada kemauan Anda untuk mengatasi dampak negatif internet.

Kebutuhan telah membuat manusia berpikir untuk menciptakan teknologi yang membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Manusia telah menguasai teknologi namun tidak seharusnya manusia dibuat kecanduan dengan teknologi. Peran pemerintah dan orangtua setidaknya membantu melindungi diri kite dari efek negatif teknologi, namun kemauan diri sendiri akan lebih manjur dibandingkan peran orang lain. Ada beberapa tips umum yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak negatif internet, diantaranya:

Memahami apa yang membuat Anda kecanduan

Langkah pertama untuk melindungi diri Anda dari kecanduan teknologi adalah mengetahui jenis teknologi apa yang paling beresiko menyebabkan kecanduan. Internet saat ini sudah tersedia diberbagai platform, seperti smartphone, smart tv, komputer, wearable dan video game. Mempertanyakan diri sendiri akan membuat Anda mendapatkan jawaban yang tepat. Setelah itu Anda bisa melakukan tips selanjutnya.

Baca Juga: Jauhi 11 Dampak Negatif Game Online ini!

Jangan biarkan kecanduan untuk membajak otak Anda

Jangan membiarkan internet untuk mengambil alih hidup Anda. Sebelum efek negatif internet mulai nampak, sebaiknya Anda bereaksi untuk melawan efek negatif tersebut. Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika Anda sudah pada tahap terkena dampak negatif, maka perlu bantuan spesialis yang menangani kecanduan internet. Gejala terkena dampak negatif internet diantaranya merasa gelisah ketika tidak ada jaringan WIFI atau 4G dimana Anda berada saat itu. Hal itu perlu diwaspadai karena bisa memicu perilaku impulsif.

Tidak ada tombol “Like” atau “Share” dalam kehidupan nyata!

Kehidupan nyata benar-benar berbeda dari dunia maya. Kadangkala pemberian like atau share hanya untuk memanipulasi keadaan. Orang juga akan melakukan sesuatu yang sebenarnya bukan sebagai sifatnya hanya untuk mendapatkan like ataupun share.

Jadilah Lebih Empati

Saat ini banyak masalah yang dihasilkan dari blog dan media sosial. Banyak orang berdebat dan saling membenci karena memiliki perbedaan pendapat terurama dibidang politik dan agama. Sebelum memposting hal-hal sensitif di dunia maya, luangkan waktu terlebih dahulu sebelum mempostingnya. Menjadi lebih empati dan menghormati pendapat serta gaya hidup orang lain tidak akan membuat hidup Anda resah dan selalu mengumpat di Internet.

 

 

Referensi:

http://users.rider.edu/~suler/psycyber/basicfeat.html

https://www.reference.com/technology/negative-effects-using-internet-57935fdd824d0057?qo=contentSimilarQuestions

Derbyshine, K.L., Lust, K.A., Schreiber, L.R.N., Odlaug, B.L., Christenson, G.A., Golden, D.J., & Grant, J.E. 2013. Problematic internet use and associated risks in college sample. Comprehensive Psychiatry 54 415-422 

Widiana, H.S., Retnowati, S., & Hidayat, R. 2004. Kontrol diri dan kecenderungan kecanduan internet. Humanitas: Indonesian Psychological Journal 1 (1) 6-16.

Reply