Jangan Salah, Inilah Dampak Positif Penggunaan Internet

Sering terjadi perdebatan mengenai dampak negatif dan dampak positif internet. Ibarat sebuah pisau, keduanya bisa terjadi tergantung bagaimana kita menggunakannya. Internet merupakan awal dari keterbukaan informasi di seluruh dunia. Internet membuat dunia menjadi tidak terbatas secara ruang dan waktu.

Pada awal mula pembuatannya, internet merupakan alat yang bertujuan untuk membantu pengembangan penelitian akademik dan militer (Young, 2004). Kemudian internet dikembangan menjadi alat komunikasi dua arah seperti saat ini. Internet pada awalnya hanya digunakan untuk mengakses data dan komunikasi lintas negara atau secara global. Sekarang internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Research and Development Agency, Indonesia MCIT pada tahun 2014 pada remaja menyatakan bahwa internet digunakan untuk memperbaharui informasi; membantu menyelesaikan tugas sekolah dan pekerjaan rumah tangga; bersosialisasi dengan menggunakan jejaring sosial; dan juga menawarkan hiburan. Hal tersebut menunjukan banyaknya dampak positif internet yang dirasakan oleh remaja.

Dampak Positif Internet Untuk Pendidikan

Internet dapat memfasilitasi kebutuhan komunikasi, distribusi informasi dan pengetahuan. Internet menawarkan kemudahan mengakses informasi dan pengetahun yang dibutuhkan oleh siswa, seperti adanya perpustakaan online. Siswa dapat mengakses buku, esai maupun artikel jurnal dengan sangat mudah tanpa harus keluar dari rumah. Kemudahan itu juga dapat diakses melalui telepon pintar yang siswa miliki. Selain itu, keberadaan internet memberikan wawasan yang lebih luas pada siswa dengan kemudahan mengakses informasi dari berbagai belahanan dunia.

Dampak positif internet lainnya adalah siswa dapat medapatkan pelajaran melalui telekonfrensi atau e-learning, yaitu pertemuan berbasis elektronik secara langsung baik audio dan/ visual antara guru dengan siswa. Sehingga siswa dapat mengkases pelajaran dari guru dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Keberadaan internet membantu guru untuk mengakses materi dan contoh-contoh kasus yang digunakan untuk mengajar. Guru juga akan mendapatkan menggunakan internet sebagai tempat berdiskusi antar guru dari berbagai wilayah ataupun negara dengan menggunakan ruang diskusi semi publik. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan internet sebagai alat yang membantu siswa mendapatkan prior knowledge atau pengetahuan awal sebelum memasuki materi pelajaran inti dari berbagai informasi yang disajikan di internet.

Dampak Positif Bagi Kehidupan Sosial

Internet menawarkan kemudahan untuk berjejaring atau menjalin dengan hubungan dengan orang lain melalui berbagai aplikasi. Berdasarkan penelitian yang dilansir oleh pewresearch.org menyatakan bahwa 57% remaja di Amerika memulai hubungan pertemanan melalui media online dan game online.

Remaja saat ini dimudahkan untuk bersosialisasi tanpa harus bertatap muka ataupun ke luar rumah. Hal ini dapat menjadi salah satu solusi pagi individu yang merasa malu atau minder bertemu dengan orang baru. Melalui media sosial ataupun game seseorang tetap dapat bersosialisasi tanpa harus merasa terancam karena tidak bertemu secara langsung.

Penelitian pewresearch.org juga menyatakan bahwa 55% remaja menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan teman melalui text message, sebagian dari meraka akan merasakan selalu memiliki teman. Dampak merasa memiliki teman ini mengurangi perasaan kesepian yang dialami. Selain itu, internet membantu untuk tetap menjaga atau menjalin hubungan dengan teman lama tanpa perlu mengetahu alamat rumah.

Dampak Positif Internet Untuk Bisnis

Internet memberikan keuntungan dari berbagai segi, seperti lebih menghemat waktu dalam mengakses data apapun, dan dapat menyelesaikan berbagai tugas dengan sumber daya yang lebih sedikit. Pada bidang bisnis hal ini sangat menguntungkan, seperti munculnya online shop.

Kini para pebisnis tidak perlu memiliki atau menyewa tempat untuk lapak barang yang dijualbelikan, cukup dengan memiliki akun instagram atau facebook. Hal ini sangat menguntukan karena harga barang akan cenderung lebih murah dengan tidak adanya biaya penyewaan tempat yang dikenakan pada setiap barang.

Transaksi jual-beli tanpa adanya lapak juga mengurangi beban kerja. Selain itu, pebisnis juga dapat mengurangi beban biaya iklan atau promosi produk, cukup dengan menggunakan akun di sosial media pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk pemasangan iklan. Konsumen juga diuntungkan dengan mudahnya mengakses informasi tentang produk yang akan dibeli, sehingga konsumen tidak perlu ke luar rumah untuk membeli barang yang diinginkan.

Keuntungan lain, bagi pencari kerja atau job seeker lebih mudah mecari informasi tentang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi dan dapat melamar pekerjaan melalui website perusahaan atau mengirim lamaran melalui email tanpa harus datang ke kantor perusahan terebut.

 

Referensi:

https://www.reference.com/technology

www.pewresearch.org

Research and Development Agency, Indonesia MCIT. (2014). Digital Citizenship Safety among Chidren and Adolescents in Indonesia.

Young, K.S. (2004). A new clinical phenomenon and its consequences. American Behavioral Scientist, 48(4), 402-415.

Reply