Game Edukasi Anak Paud Sesuai Tahap Perkembangan Kognitif

Salah satu media pembelajaran untuk anak paud adalah game edukasi anak paud. Era digital memberikan perubahan besar terhadap proses belajar mengajar pada anak. Game menjadi salah satu media interaktif untuk menunjang tumbuh kembang anak. Media yang menggabungkan beberapa macam media pembelajaran seperti audio dan visual ini membantu minat belajar pada anak paud.

Game tidak selalu berdampak pada hal yang negatif. Terlalu berlebihan jika menyebut game merupakan media yang merusak proses belajar anak. Game memang dapat membuat dampak negatif bagi anak, namun pengawasan dan arahan dari orang tua akan membuat hal negatif tersebut menjadi hal yang positif bagi anak paud. Positif ataupun negatif kan tergantung bagaimana kita memanfaatkan dan menggunakan teknologi.

Bagaimana Memilih Game Edukasi Anak Paud?

Saat ini terdapat banyak sekali jenis game baik untuk perangkat komputer maupun perangkat mobile. Saat ini hampir setiap rumah memiliki perangkat mobile seperti smartphone ataupun tablet yang menyediakan game sebagai hiburan. Perubahan dari komputer ke perangkat mobile ini membuat anak paud lebih mudah mengakses beberapa jenis game. Dulu, ketika ingin memainkan game canggih, kita perlu dana yang besar untuk merangkit komputer dengan spek tinggi. Saat ini, dengan harga yang relatif terjangkau kita sudah dapat memiliki smartphone yang dapat menggantikan fungsi komputer untuk memainkan game tertentu.

Sebaiknya Anda mempertimbangkan faktor perkembangan kognitif pada anak saat memilihkan game. Beberapa waktu lalu halopsikolog telah mempublikasikan tahap perkembangan kognitif anak, silahkan merujuk pada artikel tersebut bagi yang belum membacanya. Anak paud masuk pada tahapan pra-operasional, dimana saat tersebut perlu perkembangan kemampuan berpikir simbolik dan pengenalan benda. Berdasarkan kebutuhan kognitif anak paud, berikut ini beberapa poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih game edukasi anak paud:

Pengenalan Warna

Kemampuan mengenal warna sangat dibutuhkan anak paud untuk kehidupannya kelak. Anak paud sebaiknya mulai dapat mengidentifikasi warna-warna dasar seperti merah, kuning, hijau, biru, hitam, coklat, ungu, dan oranye. Ada tiga aspek dalam pengenalan warna, yaitu penamaan, pencocokan dan identifikasi.

Menghitung dan Konsep Anga

Memilihkan game edukasi anak paud yang bermuatan dengan konsep angka dan perhitungan dapat meningkatkan kognitif anak. Konsep angka diperlukan agar anak dapat membedakan konsep “lebih besar”,”lebih kecil” dan “sama dengan”. Proses menghitung dasar untuk anak paud adalah menghitung benda yang ada disekitar kita. Misalnya memberitahu bahwa Anda punya dua apel dan dia punya tiga apel, lalu tanyakan pada dia apa berapa apel yang kalian miliki.

Mengikuti Petunjuk

Anak paud mungkin akan mengalami beberapa kesulitan dalam tahap tumbuh kembang anak. Anda mungkin akan memberikan petunjuk, namun kadangkala petunjuk yang Anda berikan tidak memberikan pencerahan. Memilih game edukasi anak paud yang memiliki fitur pemberi petunjuk akan membantu mereka mengetahui pola-pola petunjuk yang diberikan.

Ingatan dan Memori

Sebelum memasuki dunia sekolah formal, anak paud perlu dilatih untuk mengingat nama, peristiwa tertentu dan suatu tahapan proses. Kita bisa menggunakan permainan yang berlevel untuk melatih mereka mengingat langkan sebelumnya dan langkah apa yang harus dilakukan setelahnya. Permainan seperti ini akan membuat otak anak berkembang pesat dan meningkatkan kapasitas memori/ingatannya.

Permainan Imajinatif dan Fantasi

Anak-anak belajar tentang dunia ini melalui proses bermain. Mereka mengeksplorasi konsep yang lebih kompleks melalui permainan imajinatif. Anak paud sebaiknya dilating dalam permainan fantasi yang membuat mereka percaya diri dalam hal berbicara, mengutarakan ide dan konsep mereka.

Contoh Game Edukasi Anak Paud

Banyaknya pilihan game membuat kita harus selektif dalam memilihnya. Kita perlu melakukan filter dalam memberikan game edukasi anak paud. Misalnya saja, saat inikan lagi ngetrend game seperti CoC, Pokemon, Minecraft, Hitman, dsb. Tentu saja kita tidak akan memilihkan game tersebut untuk anak paud. Karakter dan kepribadian pemeran sangat tidak sesuai dengan kebutuhan anak paud. Kita membutuhkan game edukasi yang benar-benar mengedukasi anak-anak. Berikut ini contoh-contoh game edukasi untuk anak paud:

Little Fox Music Box

Game edukasi anak paud Little Fox Music Box

Kami meninjau permainan ini dan berpikir bahwa game ini memiliki daya tarik untuk anak usia dua tahun atau lebih. Game ini memberikan kesan WOW dengan fitur dan ilustrasi yang sangat rinci. Selain itu music kualitas tinggi dengan efek suara dipadukan dengan baik dengan animasi yang sangat bagus. Game yang dibangun oleh Fox & Sheep ini juga tersedia diberbagai platform seperti Android, iOS dan Kindle.

The Peekaboo Series

gambar game edukasi peekaboo barn

Peekaboo kalau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan Ciluk Ba. Game yang dikembangkan oleh Night and Day Studios ini memiliki banyak seri, diantaranya Peekaboo Barn, Peekaboo Forest, Peekaboo People, Peekaboo Presents (untuk liburan), dan Peekaboo Trick or Treat. Semua permainan tersebut tersedia dalam berbagai bahasa berbeda.

Pada dasarnya ini adalah game edukasi anak paud yang mengajarkan anak-anak untuk mengenal sesuatu. Permainan dimulai ketika anak-anak mngetuk pintu, kemudia akan ada sesuatu yang keluar dari belakang pintu dan anak-anak perlu menebak siapa mereka. Permainan ini juga tersedia diberbagai platform seperti Android, iOS, dan Kindle.

AlphaTots Alphabet

Game edukasi anak paud alpabhettot

Anak paud akan senang belajar ABC dengan bangunan robot, menggali harta karun, dan kejutan listrik pesawat alien dengan 26 kata kerja yang membantu membimbing mereka. Game edukasi anak paud ini memiliki 26 teka-teki dengan mini games yang akan mengarahkan anak untuk belajar abjad, melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bernyanyi alphabet dengan media interaktif sehingga mereka dapat belajar ABS sendiri. Permainan ini tersedia untuk Android dan iOS.

Monkey Preschool Lunchbox

game edukasi monkey lunchbox

Mengenalkan anak prasekolah untuk mengindentifikasi huruf, warna, bentuk, menghitung, dan pengenalan pola. Permainan anak paud ini memiliki enam kegiatan yang berbeda, anak dituntun untuk membantu mengisi kotak makan siang monyet dengan buah. Anak akan dengan mudah menghitung makanan yang dimasukkan kedalam kotak makan dan memecahkan teka-teki. Permainan ini tersedia di platform Android dan iOS.

Marbel PreSchool

gambar game edukasi anak paud marbel preschool

Marbel adalah game edukasi anak paud yang dikembangkan oleh studio game asal Indonesia, yaitu Educa Studio. Dalam game ini anak akan diajarkan beberapa macam hal seperti huruf, angka, alat transportasi, warna, buah dan sayur. Marbel sendiri merupakan singkatan dari kata “mari belajar”, sehingga game ini sangat cocok untuk anak paud.

Marbel PreSchool saat ini hanya tersedia dalam platform iOS. Selain Marbel PreSchool, Educa Studio juga memiliki berbagai macam game edukasi yang dapat menunjang tumbuh kembang anak.

Demikian pembahasan mengenai cara dalam memilih game untuk anak paud. Sebagai orangtua yang baik, kita perlu memberikan arahan dan pemilihan game mana yang cocok untuk dimainkan anak dan game mana yang sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak. Semoga artikel mengenai game edukasi anak paud ini bermanfaat.

Reply