Jenis dan Cara Mengatasi Depresi

Kali ini halopsikolog akan membahas bagaimana cara mengatasi depresi yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Depresi adalah gangguan suasana hati yang berlangsung untuk waktu yang lama, dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Depresi sering dikaitkan dengan gangguan stres atau gangguan mental lainnya yang melibatkan emosional manusia.

Ada 3 tingkatan depresi yaitu depresi ringan, sedang dan berat. Depresi ringan hanya akan mempengaruhi suasana hati dan memiliki semangat yang rendah. Itu artinya seseorang masih bisa mengontrol emosionalnya namun akan menjalani hidup yang lebih sulit. Pada depresi sedang, seseorang akan kehilangan semangat dalam melakukan kegiatan karena dia berpikir bahwa semua yang dilakukan kurang berharga. Depresi berat menunjukkan level parah dengan keinginan bunuh diri dan melukai diri sendiri karena merasa tidak punya kepentingan untuk hidup lagi.

Ada Berapa Jenis Depresi?

Secara umum depresi memang bisa dibedakan dari tingkat keparahan seperti depresi ringan, sedang dan berat. Tingkat keparahan tersebut akan menjelaskan dampak dari gejala yang dialami seseorang yang memiliki depresi dan jenis pengobatan apa yang dibutuhkan. Depresi juga dapat dibedakan menjadi tipe tertentu yang lebih spesifik, diantaranya:

  • Seasonal affective disorder (SAD)/gangguan afektif musiman – depresi yang biasanya (tetapi tidak selalu) terjadi di musim dingin/ musim tertentu. Terkadang seseorang akan mengalami depresi akibat perubahan lingkungan yang terjadi akibat pergantian musim atau waktu tertentu.
  • Dysthymia – depresi ringan yang terjadi terus menerus dan sudah berlangsung selama dua tahun atau lebih. Dysthymia juga disebut dengan gangguan depresi persisten atau depresi kronis.
  • Depresi prenatal – jenis depresi yang kadang-kadang disebut dengan depresi antenatal. Depresi ini sering terjadi selama kehamilan.
  • Postnatal depression (PND)/depresi setelah melahirkan – terjadi dalam beberapa pekan/bulan setelah melahirkan bayi / menjadi orangtua. Depresi post natal biasanya didiagnosis pada wanita tetapi dapat juga mempengaruhi laki-laki.

Cara Mengatasi Depresi Pada Diri Sendiri

Mengalami depresi akan membuat orang merasa sulit untuk menemukan energi dan menjaga diri dari bahaya. Itulah pentingnya peran aktif yang dilakukan untuk mengatasi depresi sendiri secara alami. Berikut ini langkah-langkah yang bisa digunakan untuk membuat berbedaan besar dalam mengelola depresi:

Berusaha Menjaga Diri

  • Tidur dengan baik. Banyak orang memiliki depresi karena tidur terlalu sedikit atau tidur terlalu banyak. Tidur berkualitas adalah cara mengatasi depresi yang cukup efektif karena dapat meningkatkan mood dan energi seseorang.
  • Makan dengan baik. Masalah makan juga dapat memicu seseorang mengalami depresi. Untuk menyembuhkan depresi, kita perlu makan diet seimbang dan bergizi agar dapat memiliki pikiran yang jernih dan suplai energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.
  • Tetap aktif. Cara mengatasi depresi ringan dapat dilakukan dengan aktivitas tubuh melalui latihan yang dapat memperbaiki suasana hati. Aktivitas seperti renang, yoga dan jalan-jalan sore merupakan contoh yang tepat untuk hal ini.
  • Tetap higienis. Seseorang yang depresi biasanya melupakan kebersihan dirinya sendiri. Mandi, berpakaian bersih sepertinya berada di prioritas yang rendah, padahal merubah itu semua akan dapat memberikan perubahan besar dalam mengatasi depresi.
  • Hindari obat-obatan dan alkohol. Penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol bukanlah cara menyembuhkan depresi, keduanya justru akan membuat seseorang memiliki kondisi yang lebih buruk.

Berlatih Untuk Perawatan Diri

  • Lakukan apa yang membuat bahagia. Luangkan waktu untuk membuat daftar tempat-tempat, orang-orang dan kegiatan yang akan dilakukan. Ini akan membuat kita merasa lebih bahagia dan membawa sesuatu yang baru dalam rutinitas harian.
  • Manjakan diri Anda. Ketika merasa lagi down, sebaiknya cobalah untuk meluangkan hal positif yang lama tidak Anda lakukan. Meluangkan waktu untuk mandi air panas, membaca buku favorit dan bermain dengan hewan peliharaan adalah cara mengatasi depresi pada diri sendiri.
  • Bersikap baik kepada diri sendiri. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri apabila tidak mampu mencapai tujuan yang ingin dicapai. Itu akan membuat Anda merasa lebih buruk. Cobalah berpikir kalau Anda akan memberikan nasehat pada teman, lakukan itu pada diri Anda sendiri.

Tetap aktif

  • Bergabung dengan kelompok hobi. Bergabung dengan komunitas hobi adalah langkah tepat untuk mengatasi depresi berkepanjangan. Bergabung dengan komunitas akan membantu menikmati apa yang Anda suka dan nikmati selama ini.
  • Mencoba hal baru. Bosan terhadap rutinitas merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami depresi. Yuk ubah pola pikir dengan menjalani kegiatan baru, belajar sesuatu yang baru untuk meningkatkan mood dan menjernihkan pola pikir kita.
  • Tetapkan tujuan yang realistis. Jangan bebani pikiran kita dengan tujuan-tujuan yang tidak realistis. Kita hanya perlu meningkatkan kemampuan kita untuk hal-hal yang masih dirasa mampu dan tetap realistis. Ini adalah cara menyembuhkan depresi tanpa obat karena yang diperlukan adalah tujuan realistis Anda.

Tantang Suasana Hati Bad Mood

  • Membuat jurnal harian. Jurnal harian akan membantu kita melacak perubahan suasana hati dan memungkinkan kita mengingat apa yang membuat kita bahagia pada waktu itu. Jika perlu Anda bisa mengulangi hal yang sama untuk memperbaiki hari buruk Anda saat itu.
  • Menjadi lebih mandiri. Cara menyebuhkan depresi pada diri sendiri bisa dilakukan dengan mengikuti tes terapi perilaku kognitif yang tersedia gratis di Internet. Ini akan membantu Anda menghilangkan pikiran negatif dan mengihindari depresi yang semakin buruk.

Berhubungan Dengan Orang Lain

Tetap bergabung dan saling bertukar informasi dengan kelompok dukungan sebaya akan membuat seseorang menjadi lebih baik. Depresi bisa disembuhkan dengan hal-hal yang sederhana dan kekuatan kebersamaan.

Demikian tips bagaimana cara mengatasi depresi yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Depresi dapat disembuhkan dengan mudah apabila Anda memiliki keinginan yang kuat untuk sembuh. Cobalah untuk selalu mengenali penyebab dan cara mengatasi depresi.

Reply