Mengenal Pengertian Bipolar: Perubahan Mood Ekstrem

Pengertian Bipolar

Bipolar adalah gangguan pada seseorang yang ditandai dengan perubahan mood yang fluktuatif antara rasa bahagia dengan depresi yang parah. Seseorang dengan gangguan bipolar seperti sedang mengendarai roller coaster emosional, berayun dari satu ketinggian rasa bahagia ke kedalaman depresi tanpa adanya penyebab yang dapat memicunya. Ada dua episode yang dirasakan oleh penderita bipolar, yaitu episode manik dan episode depresi.

Pengertian Bipolar pada Episode Manik

Episode manik atau periode maniak ialah periode adanya peningkatan euforia yang tidak realistis, sangat gelisah dan aktivitas yang berlebihan. Biasanya episode manik lebih singkat dibandingkan episode depresi dan muncul secara tiba-tiba. Saat sedang berada dalam periode ini, seseorang akan merasakaan kegembiraan, euforia atau optimisme yang tidak biasa, terlihat memiliki energi yang tidak ada habisnya, juga menjadi lebih suka bergaul bahkan sampai pada taraf menuntut dan memaksa terhadap orang lain. Mereka yang mengalami fase ini cenderung akan berbicara dengan sangat cepat, dan melompat dari satu topik ke topik lain (rapid flight of ideas). Mereka juga tidak dapat duduk tenang atau tidur dengan nyenyak, namun tetap merasa cukup beristirahat dan penuh tenaga. Perhatian mereka sangat mudah terusik oleh hal-hal yang tidak relavan.

Gangguan Bipolar pada Episode Depresi

Episode depresi yaitu episode dimana seseorang merasa sedih, putus asa, terpuruk hingga kehilangan minat pada berbagai aktivitas rutin dan senggang mereka untuk periode waktu paling sedikit 2 minggu.

Kapan sih Kita Perlu Waspada Terhadap Gangguan Mood?

Setelah mengetahui pengertian bipolar, kadang kita jadi was-was apakah kita merupakan salah satu orang yang memiliki gangguan bipolar atau bukan. Perubahan mood sebenarnya suatu hal yang wajar terjadi. Menjadi tidak wajar (abnormal) jika perubahaan mood yang terjadi lebih lama dan ekstrem hingga mempengaruhi fungsi sehari-hari dapat menjadi petunjuk adanya suatu gangguan mood.

Jadi, bipolar itu merupakan salah satu bagian gangguan mood yang ditandai dengan adanya perubahan mood antara rasa girang dan perasaan depresi yang secara ekstrem dan parah guys layaknya lintasan roller-coaster tak berujung, naik turun dari puncak kegembiraan yang meluap-luap ke dasar keputusasa-an yang mendalam. Gangguan bipolar bersifat berulang dimana perasaan-perasaan pasien dan tingkat aktivitasnya jelas menjadi terganggu, pada waktu tertentu terdiri dari peningkatan mood disertai penambahan energi dan aktivitas (mania atau hipomania) dan pada waktu lain berupa penurunan afek disertai pengurangan energi dan aktivitas (depresi).

So, setelah membaca dan memahami pengertian bipolar ini, kalian yang punya masalah-masalah atau sesuatu yang kira-kira dapat membuat kalian depresi atau tidak nyaman bagi kalian, lebih baik di ekspresikan dari pada di pendem sendiri. Kalian bisa mengekspresikan secara verbal atau pun non-verbal yang dapat membuat kalian lebih baik dan rileks, jangan meremehkan gangguan bipolar ya guys. Karena menjaga kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan menjadaga kesehatan fisik, tetap mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, jadi harus seimbang. Selamat menjaga kesehatan mental^^.

 

Sumber :

Nevid, J. S., Rathus, S. A., Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Reply