Perbedaan Pengertian Kepemimpinan dan Manajemen

Pertanyaan sederhana namun kadang sulit untuk dijawab, Apa sih pengertian kepemimpinan itu? Jujur seorang professional-pun harus garuk kepala terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan tersebut. Untuk itulah halopsikolog membahas mengenai materi ini agar kita semua paham makna dari kepemimpinan.

Saat ini masih banyak yang menganggap bahwa kepemimpinan itu berkaitan dengan posisi seseorang dalam hirarki perusahaan. Padahal kepemimpinan tidak ada kaitannya sama sekali dengan posisi seseorang dalam hirarki perusahaan, bahkan senioritas juga bukan hal mutlak dalam arti kepemimpinan yang sebenarnya. Senioritas pada hirarki perusahaan hanya berbentuk eksekutif jadi tidak secara otomatis jika seorang senior memiliki jiwa kepemimpinan.

definisi pengertian leadership

Apakah Pengertian Kepemimpinan adalah Manajemen?

Pertanyaan diatas seringkali ditanyakan oleh masyarakat dan mahasiswa. Kepemimpinan bukanlah manajemen. Menganggap kepemimpinan dan manajemen adalah hal yang sama merupakan kesalahan besar. Kepemimpinan dan manajemen tidak identik dan tidak bisa disamakan. Mungkin sebagai manager seseorang bisa memiliki banyak bawahan dan berbagai tanggung jawab besar, namun seseorang itu hanya bisa dikatakan sebagai manajer yang baik (bukan berarti memiliki kepemimpinan yang baik). Manajemen yang baik sangat diperlukan, tugas manager adalah merencanakan, memantau, dan menyelesaikan banyak hal. Perbedaan antara manager dengan pemimpin adalah manajer mengelola resource, sedangkan pemimpin memimpin orang.

Leaders are people who do the right thing; managers are people who do things right.

– Professor Warren G. Bennis

Pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang baik adalah pemimpin yang dapat membantu diri mereka sendiri dan orang lain untuk melakukan hal yang benar. Seorang pemimpin akan menetapkan arah, membangun visi yang menginspirasi dan menciptakan sesuatu yang baru. Oleh sebab itu kepemimpinan disebut dengan kegiatan memetakan dimana Anda harus maju sebagai tim atau organisasi, dan kegiatan tersebut bersifat dinamis, menarik dan inspiratif.

Namun meskipun pengertian kepemimpinan dan manajemen bukan hal yang sama namun keduanya bisa berjalan bersama. Seorang pemimpin akan menggunakan keterampilan manajemen untuk membimbing timnya untuk tujuan yang tepat, dengan cara yang halus dan efisien saat para pemimpin tersebut mengatur arah. Seorang manajer akan mengambil sisi positif yang ada pada pemimpin untuk menginspirasi dan menggerakkan timnya.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

1. Professor Warren G. Bennis

Pemimpin adalah orang yang melakukan hal yang benar, sedangkan manajer adalah orang yang melakukan hal yang tepat.

2. Dwight D. Eisenhower

Pengertian kepemimpinan adalah seni mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu yang ingin dilakukan karena dia ingin melakukannya.

3. William G. Scott (1962)

Kepemimpinan merupakan aktifitas mempengaruhi orang lain yang diorganisir dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Young (dalam Kartono, 2003)

Kepemimpinan adalah dominasi yang didasari oleh kemampuan pribadi yang dapat mengajak orang lain untuk melakukan segala hal sesuai dengan berguna bagi diri dan kelompoknya.

5. Moejiono (2002)

Pengertian kepemimpinan sebagai bentuk pengaruh yang dimiliki oleh pemimpin yang memiliki kualitas tertentu sehingga pengikutnya bisa menerima dan memandang pemimpin perlu diikuti karena kualitas yang dimilikinya.

Kemampuan Pemimpin dalam Pengertian Kepemimpinan

Pemimpin akan menjalankan kepemimpinan dengan baik jika memiliki kemampuan dasar seorang pemimpin. Berikut ini beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh pemimpin dalam menjalankan tugasnya dalam organisasi. Kemampuan ini berdasarkan gagasan kepemimpinan transformasional yang akan dibahas lebih lanjut diartikel yang berbeda.

  • Menciptakan visi yang menginspirasi masa depan.
  • Memotivasi dan menginspirasi orang untuk terlibat dengan visi tersebut.
  • Mengatur pengiriman visi.
  • Pelatih dan membangun sebuah tim, sehingga lebih efektif untuk mencapai visi.
  • Kepemimpinan menyatukan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan hal-hal.

Baca Juga : Manakah gaya kepemimpinan yang baik ?

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian kepemimpinan yang bisa diberikan oleh halopsikolog.  Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pemahaman kita terhadap kepemimpinan.  Anda bisa mengakses halaman Kepemimpinan untuk mendapatkan artikel yang bertemakan kepemimpinan, khususnya yang berkaitan dengan dunia psikologi.

Reply