Pentingnya Mendidik Anak Sejak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini adalah sebuah upaya untuk melakukan pembinaan pada anak usia sejak lahir hingga usia enam tahun. Pembinaan tersebut berupa pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan secara jasmani maupun rohani hingga siap untuk melanjutkan ke tahap pendidikan selanjutnya. Tujuan dari adanya pendidikan anak usia dini adalah untuk mengembangkan potensi anak sejak dini sebagai bentuk persiapan bagi anak untuk hidup dan penyesuaiannya terhadap lingkungan.

Usia dini (0-5 tahun) adalah masa emas bagi pertumbuhan seorang anak atau dikenal dengan masa Golden Age. Hal-hal yang terjadi pada masa Golden Age adalah pertumbuhan otak anak yang cepat, dan juga anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Pada masa inilah orang tua harus mampu memaksimalkan potensi tersebut dan membentuknya menjadi anak yang pintar secara akademik maupun baik secara sosial.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Masa Golden Age juga menjadi aset penting bagi anak karena akan bermanfaat untuk perkembangan masa depannya. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam memaksimalkan potensi tersebut adalah melalui pendidikan yang menyeluruh yaitu yang meliputi pendidikan secara akademik, moral dan kemampuan sosial.

Seperti yang kita ketahui pendidikan menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi seseorang mulai dari usia dini hingga usia lanjut, baik itu pendidikan secara formal ataupun informal. Kenapa pendidikan itu penting? Karena dengan pendidikan akan membentuk perilaku dan cara berfikir seseorang. Demikian pula pada anak-anak, selain mengetahui cara berhitung anak-anak juga akan dibentuk karakternya sejak dini dalam bersosialisasi. UNICEF Indonesia menyampaikan bahwa pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kesejahteraan anak-anak, selain itu pendidikan usia dini juga memberikan kontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan dan ketidaksetaraan.

Baca Juga: Perkembangan kognitif peserta didik anak usia dini

Pendidikan yang menyeluruh sangat penting bagi anak, tidak hanya belajar membaca dan berhitung tetapi juga memberikan pendidikan secara moral dan sosial akan mendorong anak untuk menjadi mandiri di masa depan. Semoga dengan memahami pentingnya pendidikan anak usia dini, kita bisa membukakan jalan bagi anak-anak.