Retardasi Mental adalah Tuna Grahita yang Perlu Dukungan

Pengertian retardasi mental adalah anak yang belajar dan berkembang lebih lambat dari anak-anak lain. Terkadang orang menggunakan istilah keterbelakangan mental untuk menyebut retardasi mental, namun istilah retardasi atau disabilitas intelektual atau tuna grahita lebih baik untuk digunakan.

Memiliki retardasi mental tidak berarti seseorang tidak bisa belajar. Beberapa anak-anak dengan autisme, down syndrome, atau cerebral palsy dapat digambarkan sebagai memiliki keterbatasan, namun mereka sering memiliki kapasitas yang besar untuk belajar dan menjadi anak-anak cukup mampu. Bahkan tidak sedikit yang menguasai bidang tertentu dan sukses berkat dukungan orang disekitarnya.

Apa yang Menyebabkan Retardasi Mental ?

Retardasi mental adalah gangguan intelektual yang terjadi karena otak mendapat cedera atau masalah otak yang tidak berkembang secara normal. Masalah-masalah ini dapat terjadi saat bayi masih dalam kandungan ibunya, selama kehamilan ataupun setelah lahir. Penyebabnya bisa bermacam-macam hingga terkadang dokterpun tidak tahu penyebab pastinya. Penyebab umum retardasi mental adalah sebagai berikut :

  1. Masalah Gen

Retardasi mental adalah masalah yang bisa diturunkan oleh anggota keluarga yang memiliki retardasi mental. Gen dapat diwariskan dari kedua orangtuanya, sehingga bayi mungkin akan menerima gen yang tidak normal dan gen tersebut berubah saat bayi berkembang. Bayi yang memiliki masalah gen seperti ini berpotensi besar memiliki keterbatasan pada proses perkembangannya.

  1. Bayi lahir prematur

Kelahiran prematur dapat menyebabkan perkembangan otak tidak sempurna. Perkembangan otak yang tidak sempurna dapat menyebabkan fungsi otak tidak berjalan sebagai mana mestinya. Hal inilah yang membuat resiko terjadinya retardasi mental.

  1. Masalah pada masa kehamilan

Masa kehamilan mengambil peranan penting bagi pertumbuhan janin. Ibu yang mungkin mendapatkan penyakit atau infeksi dapat membahayakan bayi. Penggunaan obat-obat tertentu juga dapat menyebabkan masalah bagi bayi. Yang paling penting jangan membiarkan seorang ibu hamil untuk mengkonsumsi alkohol dan narkoba karena dapat merusak perkembangan otak bayi.

  1. Kekurangan oksigen saat melahirkan

Penyebab retardasi mental lainnya adalah kekurangan oksigen saat proses kelahiran. Oksigen sangat diperlukan oleh ibu dan janinnya saat proses kelahiran. Apabila asupan oksigen kurang maka akan memberikan dampak bahaya bagi ibu dan bayinya.

  1. Setelah lahir, bayi mendapat infeksi otak serius

Sebuah cedera kepala serius / infeksi serius bisa melukai otak dan menyebabkan retardasi mental pada setiap titik selama hidup. Beberapa cacat ini bersifat sementara dan lain-lain bisa permanen.

  1. Penyebab yang tidak diketahui

Retardasi mental adalah salah satu keterbatasan yang kadang penyebabnya tidak diketahui. Dokter terkadang mengalami kesulitan untuk menentukan penyebab keterbatasan mental ini. Lima penyebab retardasi mental diatas tidak ditemukan pada anak, sehingga terkadang sulit untuk memprediksi apakah seseorang mengalami retardasi mental atau keterbelakangan yang lain.

sekolah retardasi mental

Apa yang Dibutuhkan Anak dengan Retardasi Mental di Sekolah?

Sekolah sangat penting bagi anak dengan retardasi mental. Sekolah akan mengajarkan mereka bagaimana bersikap dan mempelajari keterampilan hidup. Selama sekolah mungkin mereka akan membutuhkan bantuan. Mereka juga sebaiknya berada di dalam kelas khusus yang mengajarkan mereka belajar dan berkembang.

Yang dibutuhkan oleh anak dengan retardasi mental adalah keterampilan hidup. Pada keterampilan hidup ini seorang anak akan diajarkan untuk mengurus diri mereka sendiri dalam proses pendewasaan. Biasanya seorang guru akan mengajarkan bagaimana berpakaian yang baik, bagaimana makan dengan baik dan diajarkan pula cara memasak makanan.

Selain di sekolah, bimbingan orangtua juga diperlukan untuk pendidikan di rumah. Orangtua diharapkan untuk aktif dalam memantau kegiatan anaknya di sekolah dan melakukan evaluasi terhadap apa yang dilakukannya saat berada di rumah.

Reply