Seperti Apa Pengertian Komitmen yang Sebenarnya?

Apa sih sebenarnya arti komitmen? selama ini kita sering menggunakan kata komitmen untuk mengikat janji ataupun mendeklarasikan sesuatu yang berkaitan dengan cita-cita. Contohnya mahasiswa yang kalau mau lulus harus terus komitmen dengan kuliahnya ataupun orang gemuk yang mau kurus harus komitmen dengan program dietnya. Hal semacam ini tanpa sadar selalu terjadi pada diri kita, walaupun sebenarnya masih banyak dari kita yang belum tahu pengertian komitmen yang sesungguhnya.

Pernahkah kamu mengubah pikiran saat mau beli barang hanya karena bujukan / tawaran orang lain untuk produk lain ? Misalnya, apakah kamu pernah setuju untuk tetap membeli mobil, dimana saat itu salesman mengubah syarat penjualan tepat sebelum kamu menandatangani dokumen? Apakah kamu mengiyakan begitu saja, atau kamu ingin tetap pada perjanjian asli sebelumnya? Disinilah fungsi memahami pengertian komitmen yang sederhana tapi mengesankan.

Mendalami Pengertian Komitmen dengan Seksama

Komitmen adalah bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat seseorang kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu. Komitmen dapat dilakukan dengan sukarela atau terpaksa, tergantung situasi masing-masing. Beberapa orang berkomitmen pada sesuatu karena mereka mencintai apa yang mereka lakukan. Beberapa orang lainnya berkomitmen karena merasa takut kehilangan ketika tidak menjalani komitmen tersebut. Yang lainnya mungkin berkomitmen karena merasa memiliki tanggung jawab untuk melakukannya.

Pada kenyataannya, komitmen lebih mudah untuk diucapkan daripada dilaksanakan. Melaksanakan komitmen merupakan bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dengan memahami pengertian komitmen ini, diharapkan tumbuh rasa percaya diri atau sebuah semangat menuju perubahan yang lebih baik.

contoh pengertian komitmen kerja

Beberapa Contoh Komitmen dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Komitmen Untuk Diri Sendiri

Komitmen yang didasari oleh keinginan pribadi untuk hal yang lebih baik. Misalnya berkomitmen untuk berhemat ketika mau beli barang tertentu. Memegang komitmen olahraga tiap hari agar sehat. Berkomitmen pada dietnya agar badan tetap langsing atau berbagai hal yang dilandasi oleh keinginan diri sendiri.

2. Komitmen pada keluarga

Salah satu contoh komitmen pada keluarga adalah motivasi berhemat atau kerja keras agar memiliki hidup yang lebih baik. Berbeda dengan komitmen untuk diri sendiri, komitmen pada keluarga tidak hanya mementingkan diri sendiri tetapi mencakup tanggung jawab terhadap keluarga.

3. Komitmen Kerja

Dalam buku berjudul “Human Resource Management Review” yang ditulis oleh John Meyer dan Natalie Allen pada tahun 1991 menyatakan tiga model komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya. Ketiga jenis komitmen kerja tersebut adalah:

  • Cinta Terhadap Pekerjaan (Affective Commitment)
  • Takut Kehilangan (Continuance Commitment)
  • Memiliki Rasa Kewajiban (Normative Commitment)

4. Komitmen dalam Hubungan

Memahami pengertian komitmen juga berguna untuk mempertahankan suatu hubungan, baik untuk hubungan pernikahan maupun pacaran.  Orang yang sedang dalam masa pacaran akan selalu menjaga komitmen dalam berpacaran agar tidak putus.

5. Komitmen terhadap lingkungan

Orang yang peduli terhadap lingkungan biasanya memahami pengertian komitmen, karena kelompok pecinta alam telah menanamkan tanggung jawab yang besa untuk terus menjaga lingkungan pada diri mereka. Motif komitmennya bisa komitmen afektif maupun komitmen normatif, bahkan bisa dilengkapi dengan  Continuance Commitment.

Reply