Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Dalam Psikologi Sosial

Syarat terjadinya interaksi sosial berhubungan langsung dengan pengertian manusia sebagai makhluk sosial. Manusia adalah makhluk sosial-budaya dan masyarakat adalah bagian yang diperlukan bagi manusia. Sulit bagi orang untuk hidup dalam isolasi. Mereka selalu hidup dalam berbagai kelompok dan asosiasi.

Tanpa interaksi tidak akan ada kehidupan sosial atau kelompok. Interaksi merupakan komponen dasar dari hubungan sosial. Masyarakat berakar pada inter-action. Interaksi sosial didefinisikan sebagai pengaruh timbal balik individu dan kelompok yang memiliki tujuan satu sama lain dalam upaya mereka untuk memecahkan masalah dan mereka berjuang menuju tujuan tersebut.

gambar syarat interaksi sosial

Dua Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Dua kondisi penting dari interaksi sosial adalah kontak sosial dan komunikasi. Keduanya sangat berhubungan dan saling mendukung untuk terjadinya interaksi sosial. Berikut ini penjelasan dari kontak sosial dan komunikasi sebagai syarat interaksi sosial:

  1. Kontak Sosial
    Kontak sosial berbeda dari kontak fisik atau tubuh. Kontak sosial dapat dibentuk melalui media radio, surat, telepon dan media komunikasi lainnya, bahkan antara orang-orang yang dipisahkan oleh ribuan mil. Tentu saja, kontak sosial diperkuat oleh kontak fisik. Menurut Gillin “kontak sosial adalah tahap pertama dari interaksi.” Kontak sosial sebagai syarat interaksi sosial dapat menjadi positif maupun negatif. Mereka adalah positif ketika mereka menyebabkan kebajikan, kerjasama, saling pengertian dan asimilasi. Mereka adalah negatif jika mereka menciptakan kebencian, kecemburuan dan konflik. Kontak sosial terkadang membutuhkan media tertentu untuk saling bertukar informasi. Oleh karena itu, sarana komunikasi tambahan sangat penting bagi kontak sosial. Itu sebabnya komunikasi dan kontak sosial saling berhubungan dalam terciptanya suatu interaksi sosial. Dari penjelasan diatas, kontak sosial dapat dijabarkan berdasarkan cara, bentuk, sifat dan level hubungannya. Berikut ini penjelasannya:

    • Kontak Sosial Berdasarkan Cara
      Kontak sosial dibedakan menjadi dua cara, yaitu kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak langsung didefinisikan sebagai kontak sosial yang terjadi dan dapat dilihat secara fisik. Sedangkan kontak sosial tidak langsung tidak dilakukan dengan kontak fisik melainkan menggunakan media perantara seperti telepon, televisi ataupun surat.
    • Berdasarkan Sifat
      Kontak sosial dapat dibedakan berdasarkan sifatnya. Ada 3 sifat berbeda dalam kontak sosial sebagai syarat terjadinya interaksi sosial. Sifat tersebut diantaranya kontak antar individu, kontak antara individu dengan kelompok dan kontak antara kelompok dengan kelompok lainnya.
    • Berdasarkan Bentuk
      Kontak sosial dibedakan menjadi 2 bentuk yaitu berdampak positif dan berdampak negatif. Kontak sosial yang berdampak positif biasanya mengarah pada terbentuknya kerjasama atau asimilasi. Sedangkan kontak sosial yang berdampak negatif biasanya mengarah pada terbentuknya konflik.
    • Berdasarkan Sifat Hubungan
      Kontak sosial sebagai syarat terjadinya interaksi sosial dapat dibedakan menjadi 2 berdasarkan sifat hubungan. Kedua sifat hubungan tersebut adalah kontak primer dan kontak sekunder. Kontak primer terjadi apabila seseorang mengadakan interaksi sosial dengan mengadakan hubungan tatap muka langsung. Sedangkan sifat sekunder memerlukan media perantara untuk terjadinya interaksi sosial.
  2. Komunikasi
    Interaksi manusia pada dasarnya adalah interaksi komunikatif. Seseorang akan melakukan interaksi sosial untuk mengutarakan sesuatu sebagai informasi yang akan diterima oleh pihak kedua. Komunikasi menjadi syarat terjadinya interaksi sosial karena dalam komunikasi terdapat unsur aksi dan reaksi. Dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan sarana sebagai alat untuk berkomunikasi. Sarana komunikasi seperti bahasa, aksara, gerak tubuh, simbol, radio, telepon, pos, jasa telegraf, koran dll merupakan pendukung terjadinya interaksi sosial manusia. Dari penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa komunikasi dan kontak hampir sama. Perbedaannya ketika terjadi kontak sosial belum tentu sebuah komunikasi terjalin. Komunikasi menuntut seseorang untuk memahami apa informasi yang disampaikan oleh pihak kedua. Berikut ini unsur dalam komunikasi yang perlu kita ketahui :

    1. Adanya pengirim / sender atau disebut juga communicator yang merupakan pihak yang memberikan pesan untuk orang lain.
    2. Adanya penerima / receiver atau disebut juga communicant yang merupakan pihak penerima pesan dari communicator.
    3. Adanya pesan / message yang berisi informasi yang memicu terjadinya komunikasi.
    4. Adanya media perantara yang menjadi alat perantara dalam komunikasi
    5. Adanya umpan balik / feed back yang berupa reaksi dari pesan yang diterima dalam komunikasi.

Reply